Penerapan DO Meter Di Bermacam Bidang

Dissolve Oxygen (DO) adalah total oksigen terlarut di dalam air. Oksigen terlarut ini tidak dapat meningkah dengan uap. Ia dapat larut di dalam uap melalui mode fotosintesis. Tumbuhan-tumbuhan air laksana alga, menciptakan oksigen yang larut di dalam tirta melalui pernapasan. Selain tersebut, gelombang riak, air terjun, turbulensi angin, serta fenomena alam lain pun mendorong oksigen untuk mengempar ke untuk air.

Instrumen untuk menilai kandungan oksigen di dalam larutan bernama DO meter. DO meter berikut diaplikasikan di banyak kebutuhan baik pada dunia usaha maupun sudah biasa. Berikut adalah penggunaan DO meter saat berbagai bidang:

Industri Minuman Ringan. Beraneka ragam jenis minuman kemasan kupi membutuhkan kontrol DO yang baik. Taktik ini berkaitan dengan derajat serta keawetan minuman ini. Apalagi spesies minuman mutakhir yang sekarang populer dengan kandungan oksigen tinggi, mengikutkan oksigen bertekanan tinggi ke dalam uap kemasan tersebut agar banyak oksigen terlarut lebih banyak.

Tambak Ikan. Usaha tambak ikan memerlukan dua sistem DO, pertama merupakan sistem monitoring jumlah oksigen terlarut & yang kedua adalah sistem yang merintangi agar total oksigen terlarut stabil dalam jumlah khusus. DO meter pada tambak ikan umumnya dilengkapi beserta fasilitas tanda bahaya jumlah DO terlalu sedikit dan terlalu tinggi. Hal ini bertalian dengan kehendak oksigen terlarut di dalam larutan untuk variasi jenis ikan. Ikan mengidamkan air pada DO pada atas 3 ppm. Di bawah 3 ppm dapat menyebabkan ikan stress. Serta di lembah 2 ppm, dapat membantai beberapa rupa ikan.

Pengolahan Air

Pengukuran kandungan oksigen dalam uap juga diperlukan pada komposisi pengolahan uap minum. Soalnya hasil pengolahan air tersebut didistribusikan utk kebutuhan rumah tangga, maka poin air sebagai penting bagi diperhatikan. Pada sistem itu dibutuhkan DO meter yang mampu bekerja pada perputaran air.



Penyemaian Ikan

Dalam proses penyemaian ikan diperlukan beberapa saluran atau tangki yang pantas dijaga kualitasnya. Biasanya di sistem yang ada, injeksi oksigen dilakukan dalam air yang sedang disirkulasikan di luar tangki dalam proses seleksi. Pengukuran DO dilakukan pada setiap tangki secara terpisah, dan rata-rata digunakan DO meter yang memiliki akomodasi alarm pitawar jika isi oksigen terlarut terlalu nista.

Kandang Larutan Laut

DO meter juga digunakan di ekosistem-ekosistem produk yang mempergunakan air laut sebagai habitatnya. Ekosistem tersebut sedikit terisolir dari tirta laut, jadi jumlah oksigen terlarut di dalam “kandang” yang ada perlu untuk dimonitor.

Pengolahan Air Sampah

Limbah uap industri apapun wajib meninggalkan proses pengolahan sebelum dibuang kembali ke lingkungan sekitar. Tidak hanya proses filtrasi, namun juga pengembalian rahim oksigen terlarut juga mesti untuk dikerjakan. Injeksi oksigen ke di dalam air limbah ini dibutuhkan oleh mikroorganisme baik yang membantu reaksi pengembalian manfaat air mereka. Mikroorgansime-mikroorganisme tersebut membutuhkan minimal 0, 1-0, 3 mg/liter oksigen terlarut. Biasanya, bengkel pengolahan air limbah melestarikan jumlah oksigen terlarut dalam angka 2 mg/liter.

Uap Boiler

Contoh terakhir yang menjadi pertemuan kita saat ini adalah penggunaan DO meter untuk menyelidiki jumlah oksigen di dalam tirta boiler. Laksana yang telah aku bahas dalam artikel sebelumnya, bahwa oksigen yang terlarut di dalam uap boiler super berpotensi utk menimbulkan korosi. Sehingga peringkat alat peraga pendidikan elektronika DO dalam air boiler harus serendah mungkin. Pengukuran DO pada air boiler harus dilakukan setiap jeda waktu unik, agar peringkat nya saja termonitor.

Write a comment

Comments: 0